11 CARA AMPUH POLA ASUH ORANG TUA MILLENIAL

11 CARA AMPUH POLA ASUH ORANG TUA MILLENIAL

anak kecanduan gadget

Teman teman, dari setiap permasalahan yang dihadapi baik dari orang tua ataupu seorang anak. Pastinya banyak penyelesaian masalah yang dapat dilakukan orang tua.

Berikut penulis akan mencoba memberikan pemecahan masalah, yaitu tentag bagaimana seharusnya orang tua millennial mengasuh anak mereka.

  1. Jangan membuat hidup anak selalu bergantung dengan gadget.
  2. Perlahan tapi pasti jauhkan anak kita dari gadget, mungkin sulit untuk pertama kali, karena di masa sekarang apapun yang berkaitan dengan kehidupan dan kesenangan anak terdapat di gadget.
  3. Cara ini juga susah dilakukan bagi orang tua yang lebih sibuk dengan pekerjaannya di banding mengatur pola asuh anak. Tapi sebagai orang tua kita harus lebih berpikir Panjang, karena pola asuh orang tua sangat berpengaruh bagi kehidupan anak di masa mendatang
  4. Jangan pernah memarahi anak yang nakal
  5. Anak membutuhkan kasih sayang dari orang tua, wajar apabila anak kita nakal, tetapi memarahi anak adalah kesalahan bagi orang tua, karena pada saat kita memarahi anak, maka otak anak akan secara perlahan merespon kemarahan itu yang membuat anak merasa tidak lagi mempunyai rasa aman dan nyaman ketika dekat dengan orang tua
  6. Sebagai orang tua kita harus bisa memposisikan sebagai teman, motivator, dan juga kakak  dari anak kita ketika anak membutuhkan seseorang di posisi tersebut.
  7. Ajaklah anak dalam setiap aktifitas kita
  8. Anak adalah peniru yang handal, jadi ketika kita melakukan aktifitas yang ringan cobalah untuk selalu mengikut sertakan anak, karena itu akan membuat mereka menjadi berguna dan merasa dihargai oleh orang tua mereka.
  9. Jangan pernah menyuruh anak untuk malakukan melakukan sesuatu tetapi sebagai orang tua kita tidak melakukan hal itu, anak secara otomatis sangat tidak merasa dihargai dan sangat mungkin tidak menuruti perintah kita lagi.
  10. Temani anak disaat mereka bermain ataupun belajar
  11. Dalam mendidik anak menjadi lebih baik, orang tua harus selalu menemani setiap kegiatan anak, menjadi teman belajar anak sangatlah penting, karena saat kita berada disamping anak, kita bias mengontrol kegiatan anak.

Jika sebagai orang tua menginginkan anaknya terhindar dari gadget, orang tua harus bisa membantu anak secara istiqomah, karena anak yang sebelumnya memiliki ketergantungan dengan gadget akan susah untuk belajar. Nah saat itulah peran orang tua sangatlah penting.
Semoga perantara tulisan yang sedikit ini, orang tua millennial diseluruh Indonesia bisa lebih cermat dalam mengatur pola hidup anak, sehingga anak kita menjadi calon pemuda yang menjadi tonggak negeri ini kelak.
LihatTutupKomentar