Udara Tidak Sehat, Masyarakat Rentan Sakit

Udara Tidak Sehat, Masyarakat Rentan Sakit. Udara yang tidak sehat menyebabkan faktor-faktor lainnya yang masih berkesinambungan dengannya menjadi tidak sehat pula, pola hidup yang pastinya juga tidak akan bisa sehat, air dan sumber kehidupan lainnya yang menjadi sumber kehidupan manusia menjadi kotor dan tidak sehat digunakan, juga masyarakat yang pastinya akan rentan sakit.
Salah satu pencemaran udara
Salah satu pencemaran udara

Dalam kenyataannya Udara di Indonesia terutama ibu kota Jakarta sangatlah perlu untuk diperhatikan, sayangnya pemerintah dan masyarakatnya sendiri masih terlalu sering iba, dan bahkan lebih mementingkan hal-hal yang lebih bersifat individualis. Masyarakat kita lebih sering terfokus kepada apa yang disebabkan, tetapi kurang fokus terhadap apa penyebabnya. Maka dari itu salah satu akar dari segala macam penyakit  pernafasan masih belum ada tindak lanjutnya sampai sekarang.

Kebijakan pemerintah terkait standarisasi udara di Indonesia masih menggunakan ISPU Indeks Standar Pencemaran Udara yang dibuat sendiri oleh menteri lingkungan hidup: KEP/MENLH/1997, sementara banyak negara sudah menggunakan US AQI United States Air Quality Index yaitu indeks standar udara Amerika Serikat.

Keduanya memiliki indeks satandar udara yang berbeda, misalnya jika kita menggunakan ISPU standar udara yang tidak sehat digunakan manusia sekitar 101-150, sedangkan jika kita menggunakan US AQI udara yang tidak baik digunakan yaitu 56-65 dan apabila diatas 65 sudah termasuk udara yang berbahaya bagi manusia.

Berikut gambar perbedaan ISPU dan US AQI:


Perbedaan ISPU dan US AQI
Perbedaan ISPU dan US AQI
Dari tabel  berikut, dapat kita ketahui bahwa standar udara di Indonesia masih jauh dibawah standar yang sudah dilakukan oleh negara lainnya.


LihatTutupKomentar